Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

EDISI KHUSUS

Islam dan Pancasila
Pada awal reformasi situasinya lebih dipengaruhi dinamika lokal-domestik, yang ekspresinya berupa menjamurnya peraturan daerah (perda) bernuansa syariah, sedangkan kali ini cenderung bermuatan transnasional. Konflik Timur Tengah dan berbagai pertaliannya, termasuk deklarasi kekhilafahan ISIS (2014), berefek pada dinamika domestik.
Utopia Negara Khilafah
Gerakan Islam transnasional merupakan sumber utama kelompok penolak Pancasila. Dipicu keinginan utopis untuk mendirikan negara khilafah.


Anti-Pancasila Rasa Lokal
Organisasi lokal seperti Negara Islam Indonesia dan Gerakan Fajar Nusantara juga mengembangkan ideologi tersendiri yang anti-Pancasila. Organisasi ini kerap dituding sebagai aliran sesat.


Pancasila Ditentang, Kau Kuadang
Penentangan terhadap Pancasila merupakan ancaman bagi keutuhan bangsa, yang disikapi dengan keras oleh kelompok-kelompok non-muslim di provinsi tempat mereka menjadi mayoritas. Eksploitasi etnis dan agama pada Pilkada DKI memicu kekhawatiran akan terjadi skema serupa di seluruh pilkada Indonesia


Gelombang Islamisasi Pancasila
NU dan Muhammadiyah selalu punya waktu dan cara untuk menegaskan dukungan terhadap Pancasila. Penting sebagai jaring pengaman untuk mengantisipasi potensi keambiguan masyarakat muslim Indonesia: menghendaki Pancasila sebagai dasar negara namun juga menghendaki peran besar Islam dalam kehidupan bernegara.


Cara Kampus Membendung Radikalisme
Sejumlah perguruan tinggi mendeklarasikan kesetiaan terhadap Pancasila. Pasca-reformasi, kampus-kampus perguruan tinggi ditempatkan sebagai ruang persemaian dan distribusi radikalisme melalui gerakan mahasiswa yang berafiliasi dengan ideologi Islam transnasional.


Aliansi Pesantren Penjaga Pancasila
Proses pembelajaran di sebagian besar pesantren berisi pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila. Pesantren juga bisa dilibatkan dalam resolusi konflik.


Loyalitas Tinggi Pegiat Sufi
Komunitas tarekat dan majelis zikir memandang Pancasila dan NKRI telah final. NKRI termasuk hasil jerih payah perjuangan para ulama. Menolak Pancasila berarti mengkhianati perjuangan para ulama terdahulu.


Simpul Islam Lokal Penangkal Gerakan Radikal
Ormas Islam skala daerah punya peran signifikan dalam meredam ancaman terhadap negara kesatuan. Semangat nasionalisme diwarisi dari pendiri yang ikut berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan.


Lukman Hakim Saefuddin, Menteri Agama: Roh Pancasila dari Agama
Nilai-nilai Pancasila digali dari masyarakat yang berciri sangat religius. Tidak tepat memperhadapkan Pancasila dengan agama. Penerimaan Pancasila ditopang arus utama kelompok agama. Penolak Pancasila berbasis agama sekadar gerakan pinggiran.


Reformasi Masif Mengalienasi Pancasila
Sejak Reformasi, pelahan-lahan taji Pancasila ditumpulkan. P4 dan BP 7 dibubarkan. Pelajaran Pancasila di sekolah diperkecil porsinya. MK memutuskan Pancasila bukanlah salah satu pilar.


Unit Kerja Pengawal Ideologi
Sidarto Danusubroto menyatakan, dalam berbangsa saat ini kita dalam kondisi darurat Pancasila. Pemerintah merespons dengan membentuk UKP-PIP.


Pancasila Kembali ke Sekolah
Program perdana Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila akan menjadikan Pancasila sebagai materi pelajaran. UU Sisdiknas 2003 yang tidak mengakomodasi kurikulum Pancasila perlu direvisi.


Semangat Kebangsaan Ala Bung Karno
Penetapan 1 Juni sebagai Hari pancasila merupakan penghargaan atas peran Soekarno sebagai pencetus Pancasila. Penetapan ini menjadi penguat semangat kebangsaan.


Berjiwa Tauhid, Pancasila Diterima
Komitmen kebangsaan NU dibangun jauh sebelum Indonesia merdeka. Pancasila diterima sebagai asas organisasi tanpa kesulitan, dengan argumen keislaman yang kokoh. Sikap ormas Islam terbesar ini menjadi sabuk pengaman berarti bagi pengokohan Pancasila.


Pecah Dipo-MPO Akibat Represi Asas Tunggal
Himpunan Mahasiswa Islam terbelah menjadi dua akibat tekanan negara dan polemik internal untuk menerapkan asas tunggal Pancasila. Sebuah pelajaran berharga karena percuma memberikan penyadaran Pancasila dengan cara yang represif. Lebih efektif dengan jalan edukasi partisipatif.


Hadiah Terbesar Umat Islam
Pertautan historis Muhammadiyah dengan Pancasila sangat erat. Ki Bagoes Hadikoesoemo menjadi tokoh kunci mulusnya Pancasila diterima oleh umat Islam. Kini, Muhammadiyah menjadi salah satu garda terdepan dalam menjaga keutuhan Pancasila.


Menggalang Umat Mengawal Pancasila
MUI berkomitmen menjaga keutuhan kebangsaan dan kenegaraan. Pancasila telah disepakati sebagai sesuatu yang final. Haram hukumnya jika berkhianat, dan ingin memisahkan diri dari Indonesia.


Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia: Khilafah Bertentangan Dengan Pancasila
Posisi Islam dan Pancasila berdampingan. Pancasila sebagai dasar negara, Islam adalah akidah. Khilafah bukanlah kesepakatan umat Islam. Bila besar, HTI berbahaya. Republik bisa diubah menjadi khilafah.


Kompromi Setengah Hati
Tujuh kata dalam Piagam Jakarta menjadi momok di antara para bapak pendiri bangsa. Terus berlanjut pasca-Kemerdekaan, dan menjadi dinamika pemerintahan Orde Lama.


Negara Integralistik Satukan Asas
Di era Orde Baru dimunculkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Setiap ormas diwajibkan menggunakan asas tunggal Pancasila. Indoktrinisasi Pancasila lewat P4.


Agama dalam Konstitusi Negara
Nilai nilai agama tercantum tegas dalam konstitusi. Pasal 29 UUD 1945 sempat diusulkan untuk diamandemen. Meski tidak dicantumkan dalam konstitusi, syariat Islam diakomodasi negara dalam beberapa peraturan perundangan.


Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat: Jadikan Jembatan, Bukan Tembok Pemisah
Pancasila untuk diamalkan menjasi perilaku, tidak dipakai alat stigma pemilahan: kami pancasilais, mereka tidak. Persaudaraan penting dirawat untuk membentengi


Potret Global Relasi Islam-Nasionalisme
Banyak negara muslim mengalami pergulatan pencarian relasi yang tepat antara nasionalisme dan Islam. Pengalaman Indonesia, berdasarkan Pancasila, dapat menjadi pembanding yang mencerdaskan.


Pancasila, Role Model Made in Indonesia
Instabilitas pecah di berbagai negara di Timur Tengah dan Afrika Utara. Adu kekuatan politik ideologi yang berakar pada perbedaan golongan, suku, aliran, agama dan mazhab pun mencuat. Selain diwarnai oleh kembalinya kekuatan rezim militer, pertikaian juga didominasi oleh aksi-aksi kekerasan untuk saling melenyapkan dari kelompok berbeda mazhab dan aliran.

RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Film
Focil
Hukum
Internasional
Kolom
Mukadimah
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Seni Rupa
Surat & Komentar
 
Created and maintained by Gatra.com