Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

EDISI KHUSUS

Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian: GENERASI MILENIAL SANGAT BRILIAN
Potensi bisnis industri digital sangat besar, namun belum ada regulasi khusus yang mengaturnya. Industri ini tumbuh hampir dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi nasional. Perlu pembinaan SDM dan pembentukan ekosistem yang mendukung.
PIONIR KEUANGAN BAGI PEREMPUAN PENGUSAHA MIKRO
Andi Taufan Garuda Putra berhasil mentransformasikan lembaga keuangan mikro konvensional menjadi perusahaan teknologi finansial dengan layanan peer to peer microlending secara online. Implementasi tanggung renteng di kalangan ibu-ibu peminjam menjadikan NPL-nya 0% selama 7 tahun terakhir.


KUNCI GERBANG PEMBAYARAN ELEKTRONIK
Teddy Setiawan menawarkan konsep teknologi transaksi pembayaran berbasis aplikasi yang terhubung dengan bluetooth ke card reader. Membuat layanan perbankan menjadi lebih efektif, efisien, dan aman. Menyasar jutaan merchant yang belum tersentuh bank.


PLATFORM PINTAR PENGANALISIS SAHAM
Stockbit menjadi salah satu platform analisis saham yang paling banyak dirujuk. Inovasi fitur unggulan menjadi kunci Stockbit dalam menarik pengguna dan kepercayaan investor. Regulasi masih menjadi kendala pengembangan.


METAMORFOSIS PERINTIS SOCIAL ENTREPRENEUR
Bermula dari startup yang fokus kepada social entrepreneurship, Jezzie Setiawan sukses mengembangkan startup berkonsep business with purpose. Demi keberlangsungan usaha dan bisa menjangkau lebih banyak penerima manfaat, GandengTangan konsisten menyatukan aktivitas pemberdayaan masyarakat dan bisnis.


MAL ONLINE PARA PERANCANG BUSANA HIJAB
Mendirikan usaha dari bawah dengan dibantu dua orang, Diajeng merintis bisnis online busana muslim dan menggaet banyak desainer. Omzetnya mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.


PERTANIAN VIRTUAL HASIL NYATA
iGrow menjadi salah satu bisnis startup tersukses di bidang pertanian. Menjembatani investor, petani serta pembeli, dan sekaligus menghilangkan mismatch antara permintaan produk tanaman dan suplai petani.


RAJA TRAVEL ERA DIGITAL
Ferry Unardi sukses menjadikan Traveloka sebagai salah satu perusahaan digital top di Indonesia. Bermula dari keberanian untuk melakukan kesalahan.


DOKTER “SPESIALIS” BANTU PASIEN DI PELOSOK
WeCare banyak membantu pasien tak mampu di pelosok. Terinsiprasi dari pengalaman dokter intership di Nusa Tenggara Timur. Fokus pada donasi pasien di usia produktif. Donaturnya berasal dari beragam kalangan.


PERAWAT DARING INSPIRASI SANG BUNDA
Usaha babysitter yang dirintis sang ibunda mendorong Try membuka usaha keperawatan online. Sejak 2013 sudah menyalurkan sekitar 3.000 perawat. Omzetnya hampir Rp 1 milyar sebulan.


DONOR DARAH JADI MUDAH
Mengatasi buruknya rantai informasi kebutuhan darah dengan aplikasi piawai. Mendorong aktivitas donor sebagai gaya hidup baru yang lebih menyenangkan.


MENGEMBANGKAN PERMAINAN MEMBAHAGIAKAN ORANG
Sosok penting di balik pencapaian Agate Studio sebagai pengembang game lokal terbesar di Indonesia. Sejak 2009 memproduksi lebih dari 250 game yang dimainkan lebih dari 2,5 juta orang.


POTONG JALUR ARUS UTAMA INDUSTRI MUSIK
Dua single solo perdana Virgoun meledak. Berawal dari unggahan di YouTube. Lagu “Surat Cinta untuk Starla” menjadi rekor tersendiri. Siap diadaptasi ke layar lebar.


#ERIX #DOES #UNIVERSITY
Musisi dan vlogger yang mengelola dendam menjadi energi filantropi. Membangun dan mengembangkan sekolah gratis untuk mencetak para animator.


TOMBOL EMAS BISNIS SI BELIA
Tadinya sekadar untuk promosi produk, YouTube pribadi Atta kini menjadi kanal influencer bagi jutaan subscriber. Mendorong produksi konten positif, mengingat penonton YouTube didominasi remaja. Diganjar Gold Play Button dari YouTube.


Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif: DIGITALISASI TUMBUH LUAR BIASA
Pengembangan potensi ekonomi kreatif di Indonesia cukup menjanjikan. Badan Ekonomi Kreatif berperan besar dalam mendorong industri kreatif sehingga menjadi penyumbang perekonomian bangsa. Bekerja cepat karena digitalisasi tumbuh dengan pesat.


KOTAK AMAL ZAMAN NOW
Tempat bertemunya pihak yang membutuhkan dana dengan orang-orang baik yang ingin berderma. Konsep social entrepreneur menjadikan Kitabisa juga sehat secara bisnis.


AGREGATOR DAKWAH RAMAH DUNIA MAYA
Aplikasi Nutizen dibentuk Savic Ali sebagai agregator konten dua situs moderat asuhannya. Promosi video ceramah Islam ramah para kiai. Upaya melawan dominasi konten keislaman intoleran di belantara dunia maya.


PENEROKA BAHASA INDONESIA DARING
Lewat jejaring sosial, Ivan Lanin membumikan bahasa Indonesia baku sehingga menjadi lebih populer. Membuka wadah konsultasi secara daring, menggelorakan kemahiran berbahasa kepada generasi milenial.


PORTAL PENYAMBUNG DUNIA KERJA DIFABEL
Kerjabilitas.com menjadi website jaringan sosial karier pertama di Indonesia yang menghubungkan difabel dengan dunia kerja. Menghilangkan jurang pemisah di antara keduanya dengan memanfaatkan teknologi untuk perubahan sosial.


Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika: BUKA RUANG INOVASI SELUAS-LUASNYA
Pusaran beragam inovasi teknologi memaksa manusia mengubah perangai dan kebutuhan hidupnya. Generasi milenial berlomba-lomba melakukan inovasi teknologi. Peran ekonomi digital dalam pertumbuhan ekonomi kian meningkat.


DETEKSI BENCANA LEWAT GAWAI
Berkat aplikasi MAGMA, publik bisa dengan mudah mendapat informasi mitigasi kebencanaan lewat gawai masing-masing. Mengubah data menjadi informasi dan rekomendasi yang mudah dipahami. Sudah diunduh lebih dari 10.000 kali.


MEMBANGUN TALENTA MENEMBUS BATAS
Talenta merupakan laman pertama yang menggarap manajemen sumber daya manusia. Terinspirasi ayahnya yang menekankan bahwa menjadi karyawan akan memiliki batas yang susah ditembus.


LANGKAH BESAR MARBEL
Berawal dari modal pas-pasan, Educa Studio tumbuh menjadi developer game mumpuni. Punya 200 lebih aplikasi game. Meraih berbagai penghargaan.


SENTUHAN DIGITAL TEKNOLOGI PAKAN IKAN
Pemberi pakan cerdas yang mampu mereduksi biaya produksi dan mendongkrak pendapatan peternak ikan. Merevolusi pasar perikanan budi daya yang nyaris belum tersentuh teknologi.


DUNIA DIGITAL GENERASI MILENIAL
Konsumsi internet generasi milenial Indonesia memang sangat tinggi, hasil riset Alvara Research Center pada akhir 2016 menunjukkan, rata-rata generasi milenial menghabiskan waktu lebih dari 7 jam sehari untuk berselancar di dunia maya. Itu jauh lebih tinggi dari generasi X yang mengakses internet rata-rata 3-4 jam sehari.


MEMBAGI WEWENANG DENGAN SISTEM DIGITAL
Kota Binjai memacu pengembangan berbagai aplikasi layanan berbasis teknologi informasi. Menggandeng akademisi dan instansi lain untuk menekan biaya. E-Dokter menjadi layanan andalan.


INOVASI LAYANAN BERPILAR DESA PINTAR
Integrasi layanan publik Smart Kampung terus berkembang. Kali pertama, daftar BPJS online cukup di Balai Desa. Go-Jek digandeng untuk layanan antar obat kepada lansia papa. Laju proyek dana desa bisa dimonitor dari Google Map.


MENDORONG PRODUKTIVITAS DENGAN KETERBUKAAN
Bojonegoro menyelenggarakan keterbukaan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Aplikasi Open Data Contract diharapkan bisa menekan potensi kolusi dalam proyek pengadaan.

RUBRIK

Apa & Siapa
Focil
Kolom
Mukadimah
Pariwara
Surat & Komentar
 
Created and maintained by Gatra.com