Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

EDISI KHUSUS

Potensi Ekonomi Muslim Kota
Masyarakat kota biasanya lebih menyukai sesuatu yang simbolis. Simbol agama yang menunjukkan kesalehan banyak terdapat pada muslim kota. Simbol agama berkorelasi dengan konsumerisme di kalangan muslim kota.
Makin Kinclong dengan Perbankan Syariah
Kinerja industri perbankan syariah nasional mengalami kemajuan signifikan. Pencarian dana segar pun mulai dilakukan dengan menjadi perusahaan terbuka. Di NTB bank daerah berubah jadi bank syariah.


Prospek Moncer Reksadana Syariah
Meskipun tumbuh pesat, reksadana syariah belum punya pemain besar untuk menjadi market maker. Masuknya BPKH tahun ini memberi tambahan dana besar bagi reksadana syariah.


Pembiayaan Syariah Meningkat, Inklusi Keuangan Stagnan
Sejumlah data menunjukkan, total aset industri pembiayaan mengalami tren peningkatan. Sayangnya, kelompok masyarakat yang menggunakan masih terbatas akibat kurangnya inklusi keuangan syariah. Butuh solusi digitalisasi secepatnya.


Zakat Menguatkan Ekonomi Umat
Dari petani hingga siswa pondok pesantren mendapat manfaat dari program filantropi Islam. Penerimaan zakat, infak, dan sedekah yang selalu meningkat tiap tahun akan berdampak positif bagi pemberdayaan ekonomi umat.


Kue Menggiurkan Bisnis Asuransi Syariah
Potensi kue bisnis asuransi syariah masih terbuka lebar. Kontribusinya masih rendah, baru 11% dari total insdustri keuangan. Keran untuk investor asing dibuka lebar dengan harapan menjadi katalisator pertumbuhan asuransi.


Bank Wakaf Mikro Atasi Kemiskinan
Dana wakaf disalurkan untuk kelompok menengah ke bawah. Dianggap jadi solusi ideal dibandingkan dengan rentenir, juga kredit perbankan. Potensi penerimaan wakaf bisa mencapai Rp81 trilyun per tahun.


Dakwah Ekonomi Sarekat Dagang Islam
Sarekat Dagang Islam pernah memainkan peran penting dan menginspirasi sebagian tokoh ekonomi umat Islam. Kini ekonomi Islam harus memberikan perhatian pada rules of the game yang bersifat inklusif untuk semua pelaku ekonomi.


Saatnya Menyasar Wisatawan Muslim Milenial
Indonesia menduduki peringkat dua dalam daftar negara-negara OKI yang dijadikan destinasi wisata halal bagi pelancong muslim dunia. Tahun 2020 jumlah wisatawan muslim dunia diprediksi mencapai 158 juta, yang 60% di antaranya muslim milenial.


Kian Nyaman dengan Hotel Halal
Pertumbuhan hotel halal kian pesat. Peningkatan jumlah kamar dan angka pendapatan hotel halal selama dua tahun terakhir meningkat lebih dari 100%. Beragam inovasi hotel halal mulai mengemuka untuk bersaing dengan hotel konvensional. Butuh peraturan yang tepat untuk menunjang perkembangan hotel halal.


Ceruk Bisnis Halal Food
Indonesia tercatat sebagai konsumen halal food terbesar di dunia. Pangsa pasar yang besar, tapi belum tergarap optimal. Perlu canpur tangan pemerintah.untuk mendorong perkembangan bisnis halal food.


Siap Menjadi Kiblat Busana Muslim Dunia
Potensi ekonomi busana muslim sangat menggiurkan. Indonesia memiliki daya dukung cukup memadai untuk menjadi yang terbesar di dunia. Perlu kerja sama antara pemerintah dan industri.


Ekonomi Umat Dongkrak Ritel Syariah
Bisnis ritel syariah justru booming di tengah kelesuan industri ritel. Para pemain besar pun melirik dan ikut berebut "kue" syariah. Wujud potensi ekonomi umat.


Menggoda Muslim Memiliki Properti Syariah
Belakangan ini, properti syariah tumbuh subur. Mereka menawarkan KPR tanpa bank, riba, akad bermasalah, denda, asuransi, dan tanpa bank checking. Bank pun menyambutnya dengan fasilitas KPR syariah.


Berpacu Mewujudkan Rumah Sakit Islami
Indonesia menjadi pencetus rumah sakit berkonsep syariah. Ada 10 rumah sakit bersertifikat syariah dan akan menjadi 50 buah di penghujung tahun. Pasar rumah sakit syariah sangat menjanjikan.


Bisnis Legit Kaveling Kurma
Berawal dari pemanfaatan lahan tidur, Kampoeng Kurma di Jonggol, Bogor, kini mencapai luas 300 hektare. Sebagian dijual dalam bentuk kaveling. Konsep serupa kini berkembang di berbagai pelosok Jawa Barat. Menjnajikan hasil panen yang menggiurkan.


Usaha Jamur Berbuah Zakat
Memberi zakat sudah menjadi kebiasaan Rial Aditya. Itu berkat keuntungan dari berbisnis jamur tiram. Berkat investasi syariah


Sentuhan Fintech Pertanian Syariah
Setelah sukses mengajak investor berinvestasi dengan sistem syariah di sektor pertanian organik, My Agro kini masuk bisnis fintech. Potensi besarnya bisa meningkatkan produk pertanian dan sekaligus menyejahterakan petani.


Investasi Syariah Terinspirasi Kandang Kosong
Platform investasi agribisnis syariah menjadi jalan dakwah para penggagas kandang.in. Kelompok usia produktif yang ingin berinvestasi secara syariah menjadi captive market utama mereka. Terselip juga misi pemberdayaan sosial.


Maju-Mundur Aplikasi Pak Ustad
Sempat kewalahan karena pertumbuhan pengguna yang tinggi dan beberapa kali terganjal regulasi, kini PayTren mengklaim sebagai aplikasi pembayaran berbasis syariah terbesar di Indonesia.


Konglomerat Bersarung dari Sidogiri
Pondok Pesantren Sidogiri sukses berdikari membangun ekonomi umat. Kini berusaha memakmurkan desa sekitar. Tidak ingin menerima dana syubhat.


Dari Aksi Damai ke Koperasi Syariah
Belum dua tahun beroperasi, KS 212 sudah mempunyai 46 ribu anggota dan mengumpulkan modal lebih dari Rp23 miliar. Produk 212 Mart dan aplikasi KS212 Mobile jadi andalan. Bisnis properti dan reksadana tidak dilanjutkan.


Lima Pilar Koperasi Dunia-Akhirat
Kemajuan Koperasi syariah Benteng Mikro Indonesia berdampak luas terhadap masyarakat sekitar, khususnya warga Kabupaten Tangerang. Fasilitas beragam dan syarat yang mudah, sangat membantu perkembangan usaha UMKM.


KH Ma'ruf Amin, Ketua MUI: Kami Syariahkan Usaha Masyarakat
Distribusi aset menjadi modal dalam memberdayakan ekonomi umat Islam. Arus baru ekonomi Indonesia membangun ekonomi umat dari bawah. Mendorong adanya pengusaha-pengusaha yang kuat dari umat.


Indonesia Butuh Roadmap Industri Halal
Halal Industri dalam Ekonomi Global Ada banyak contoh perencanaan dalam penyusunan ekonomi Islam, baik dalam tataran negara maupun global. Salah satu roadmap mengenai ekonomi Islam global yang dewasa ini menjadi acuan penting masyarakat dunia adalah ''State of The Global Islamic Economy Report'' yang diterbitkan oleh Dinar Standard dan Thomson Reuters.

RUBRIK

Apa & Siapa
Focil
Internasional
Kesehatan
Nasional
Pariwara
Surat & Komentar
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com