Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

APA & SIAPA

Komarudin Watubun & Buku Sejarah Maluku

Satu lagi impian Komarudin Watubun menjadi kenyataan. Anggota DPR RI Komisi II itu baru saja merilis buku sejarah berjudul 800 tahun Maluku.

“Cita-cita hidup saya adalah punya legacy (warisan) bagi generasi mendatang. Dan legacy itu adalah buku,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut kepada wartawan GATRA M. Egi Fadliansyah, Senin, 22 Oktober lalu. Begini obrolan lengkapnya:

Mengapa membuat buku sejarah?
Saya itu dari kecil suka melihat peta dunia, jadinya suka belajar sejarah. Saya berpikir, bangsa ini adalah bangsa besar, tapi kebesaran kita tidak hanya bisa dibuktikan dengan sekadar orang pidato saja. Maka muncul pikiran untuk membuat warisan kepada generasi anak cucu, yakni buku ini. Supaya mereka merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Jadi tidak sekadar asal bicara, tapi juga tercatat sebagai sebuah buku. Maka kita tarik kajian sampai 800 tahun.

Anda kan bukan peneliti, adakah kesulitan dalam proses penyusunannya?
Tidak ada. Kalau punya niat baik, tidak ada kesulitan. Kita punya tim riset yang sudah memiliki data banyak terkait potensi dan sejarah Maluku. Pikiran saya itu muncul, langsung bisa kita tuliskan. Karena banyak tim yang riset puluhan tahun, pemikiran ini klop. Jadi tinggal masukkan data-data yang relevan.

Dari mana saja data-datanya diperoleh?
Dokumen di Prancis, Belanda, Spanyol, dan Vatikan kan ada. Memang buku ini pasti belum sempurna, tetapi dengan adanya buku ini membuka pikiran, wawasan, dan mata agar para ilmu dapat mengkaji lebih dalam bab-bab yang ada dalam buku ini.

Apa harapan Anda saat merilis buku ini?
Agar anak muda bisa mengkaji lagi lebih dalam tentang Malaku. Baik itu skripsi, tesis maupun disertasi. Di situ terbuka untuk penelitian multidisplin. Baik itu jalur rempahnya, kandungan mineralnya, sosiologis, sejarah, maupun letak geostrateginya. Sampai ke visi nuklirnya juga ada di dalamnya.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.52 / Tahun XXIV / 25 - 31 Okt 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Edisi Khusus
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Kolom
Mukadimah
Nasional
Olahraga
Pariwara
Surat & Komentar
 
Created and maintained by Gatra.com