Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

EDISI KHUSUS

Seperangkat Regulasi Memacu Infrastruktur
Pemerintah mengeluarkan sejumlah regulasi guna menerabas segala kendala yang menghambat pembangunan infrastruktur. Terdapat 21 Proyek Strategis Nasional yang dicoret dari daftar karena berbagai alasan.
Regulasi Induk Infrastruktur Jokowi
RPJMN 2015–2019, pedoman bagi arah pembangunan masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Berisi agenda prioritas pembangunan nasional.


Kerja Rock n’Roll Penuhi Target PSN
Ada 223 proyek strategis nasional dan tiga sektor program yang penyelesaiannya dikebut dalam sisa masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Proyek prioritas harus sesuai dengan target. Siapa pun presidennya PSN jalan terus.


Biaya Infrastruktur Bebani APBN
Pembiayaan infrastruktur mulai membebani APBN. Meski rating surat utang tetap positif, beban bunga dan cicilan makin berat. Peran swasta harus diperbesar.


Kreatif dengan Blended Finance
Pembiayaan campuran (blended finance) jadi salah satu alternatif pembiayaan infrastruktur di Indonesia. Bisa menjaring dana para filantropis dunia.


Baru Terasa Di Jangka Panjang
Masifnya pembangunan infrastruktur belum berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi. Efek infrastruktur baru terasa jangka panjang. Pemerintah perlu menyiapkan skenario lain.


Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita: Infrastruktur Berkontribusi pada Pemerataan
Stabilitas harga pangan bisa terpenuhi jika distribusi logistik lancar. Peran infrastruktur akan kelancaran distribusi pangan berperan penting karena memicu efisiensi. Selama empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla, pemerintah berupaya menjaga agar inflasi terkendali.


Hemat Ongkos Sampai Pelosok
Biaya logistik masih mahal. Proyek infrastuktur dikebut untuk mengejar efisiensi. Wilayah timur dan 3T banyak mendapat perhatian. Tercapai penghematan?


Proyek Infrastruktur Menyerap Tenaga Kerja
Pembagunan infrasturktur masif dilakukan. Diharapkan berdampal pada serapan tenaga kerja. Ada target 10 juta lapangan kerja tercipta hingga 2019.


Melepas Sumbat Pembangunan Infrastruktur
Pengawasan ketat agar tidak terjerat korupsi. Kecelakaan kerja mulai diatasi. Reformasi fiskal, institusional, dan regulasi untuk menghilangkan hambatan.


Mencoba Menatap Laut
Empat tahun setelah diucapkan, komitmen memajukan sektor kemaritiman Indonesia sudah terlihat dan bisa dirasakan. Harus diimbangi dengan menggiatkan perekonomian di daerah.


Realita Kemandirian Pangan Kita
Terjadi peningkatan produksi, meski impor juga tetap terjadi. Malah semakin bertambah. Akan tetapi, optimisme harus tetap dijaga.


Agar Mandiri di Sektor Energi
Program keadilan energi Jokowi tidak diikuti dengan kemandirian. Akibat beban keuangan tinggi, Pertamina terancam tekor. Sektor energi menjadi penyumbang terbesar PNBP, sekaligus defisit neraca dagang.

RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Kolom
Mukadimah
Nasional
Olahraga
Pariwara
Surat & Komentar
 
Created and maintained by Gatra.com