Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

Laporan Utama
Akhirnya, Satu Data untuk Data Beras
BPS kembali merilis data beras sejak 2016. Menggunakan metode baru, kerangka sampel area (KSA). Diklaim menghasilkan data yang valid dan akurat. Mampukah mengatasi polemik impor beras?
Cover Majalah GATRA edisi No.1 / Tahun XXV / 1 - 7 Nov 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Khusus II
Laporan Utama
Nasional
Olahraga
Pariwara
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara

Laporan Utama
Kepala BPS Suhariyanto: Data Beras Bebas Kepentingan
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto, tampak sibuk bolak-balik ke kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla, beberapa pekan terakhir. Tentu saja, pertemuan yang terjadi cukup penting: membahas carut marut perhitungan data beras. BPS telah diperintahkan membuat sistem perhitungan yang lebih mumpuni untuk mengurai data beras. Saat itulah, BPS mempresentasikan metoda kerangka sampling area (KSA). “Saya sampaikan ke beliau, yang pertama metodologinya itu harus objektif. Jangan subjektif,” katanya.
Internasional
Konsekuensi Khashoggi pada Ekonomi Saudi
Pangeran Muhammad bin Salman punya ambisi ekonomi besar untuk Arab Saudi. Terbunuhnya Khashoggi membuat para pelaku ekonomi pikir-pikir lagi.

Laporan Khusus
Tantangan Berat Menata Laut
Our Ocean Conference 2018 di Bali berhasil mencapai 287 komitmen global. Modal positif untuk menjaga sumber daya kelautan dan perikanan. Meski begitu, masih banyak pekerjaan rumah yang menanti terkait penegakan hukum di laut.
Laporan Khusus II
Tekanan AS dalam Beleid Data Center Indonesia
Revisi Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) menuai kontroversi karena ditengarai ada tekanan Amerika Serikat. Kalangan asosiasi banyak menolak revisi tersebut.

space space
 
Created and maintained by Gatra.com