Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

LAPORAN KHUSUS

Menggenjot Program Vokasi, Menekan Laju Penganggur
Lulusan sekolah menengah kejuruan mendominasi 7 juta pengangguran terbuka. Perlu kolaborasi masif dengan pelaku usaha dan industri untuk melakukan link and match, menggalakkan program vokasi, serta menekan laju penganggur.
Darurat Kualitas Pembangunan Manusia
Peringkat Indeks Pembangunan Manusia yang dirilis Bank Dunia menjadi peringatan bagi sumber daya manusia Indonesia. Jika kemampuan tidak ditingkatkan, akan kesulitan menghadapi kemajuan teknologi di era industri 4.0.


Sekjen Kementerian Perindustrian Haris Munandar: Industri Berat untuk Memakai Lulusan SMK
Tiap tahun, sebanyak 600.000 tenaga kerja-baru dibutuhkan perusahaan industri. Namun, suplai tenaga kerja masih jauh dari ideal. Dari 14.000 lulusan SMK, hanya 10%-12% yang langsung diserap oleh industri.


Plt. Kepala Barenbang Kementerian Tenaga Kerja Khairul Anwar: Jangan Membuat Terlalu Banyak Program
Kementerian Tenaga Kerja, sebagai lembaga pemerintah yang menangani masalah tenaga kerja, ikut bertanggung jawab atas tingginya angka pengangguran lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK), seperti data yang dilansir Badan Pusat Statistik (BPS). Data ini menunjukkan bahwa demand lapangan kerja belum bisa menampung lulusan SMK. Karena itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kemenaker, Khairul Anwar, berpendapat bahwa pendidikan vokasi seharusnya berdasarkan demand.

RUBRIK

Apa & Siapa
Buku
Ekonomi & Bisnis
Focil
Internasional
Kesehatan
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com