Home   Gatra.com   Log out  
 
User Name Password  
[ Anggota baru | Lupa password ]
Arsip Majalah | Tentang Gobang | Ketentuan | Menu Anggota

PARIWARA

Menggerakkan Ekonomi Di Sekitar Wilayah Operasi

Tak hanya memikirkan keberlanjutan produksi, PT RAPP turut mendampingi masyarakat di Riau untuk melakukan kegiatan ekonomi. Mulai dari sentra UMKM hingga membantu operasional pabrik.

Kain batik warna-warni langsung menyedot perhatian begitu memasuki Rumah Batik Andalan yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Riau. Tampak juga kesibukan ibu-ibu yang sedang mengerjakan proses produksi batik. Batik Riau memang belum sepopuler batik di Jawa, tetapi dengan kekhasannya, batik asal Negeri Lancang Kuning ini mulai dikenal. Kegiatan ini mampu membantu memutar roda ekonomi bagi anggotanya.

Berdiri pada 2014, Rumah Batik Andalan merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat (community development--CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Terkait dengan kiprah perjalanannya, Ketua Rumah Batik Andalan, Siti Nurbaya menuturkan bahwa keberadaan fasilitas tersebut mampu membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Sebelumnya, mereka adalah ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan. Tetapi saat ini para ibu bisa mengantongi Rp 2,5-3 juta per bulan. ''Alhamdulillah, anggota kami sudah mampu membantu perekonomian keluarga,'' ujar Bu Baya, panggilan akrabnya saat ditemui di Pangkalan Kerinci beberapa waktu lalu.

Dari tidak memiliki keterampilan membatik, saat ini anggota Rumah Batik dapat dikatakan sudah cukup ahli. Sejak awal berdiri mereka menimba ilmu dari sentra-sentra batik, seperti Pekalongan, Yogyakarta, dan Solo. Ada lima motif yang diadopsi dari fenomena alam di Riau, yaitu bono, ekaliptus, daun akasia, timun suri, dan lakum. Motif bono misalnya, diambil dari nama ombak yang terjadi akibat pertemuan arus sungai dan laut pada periode tertentu di Sungai Kampar, Riau. Sedangkan timun suri dan lakum adalah nama sayuran yang digemari masayarakat setempat.

Dengan kegigihan para perajinnya, produk Rumah Batik Andalan menjadi salah satu ikon baru di Provinsi Riau. Balai tersebut saat ini mampu memproduksi 150-200 lembar kain dengan omzet Rp 25-30 juta per bulan. ''Kalau pesananan sedang banyak, omzet bisa mencapai Rp 100 juta per bulan,'' kata perempuan setengah baya ini.

Produk Batik Andalan memiliki ciri khas. Di antaranya memiliki warna yang terang serta motif yang menyebar seperti songket. Awalnya, mereka meniru batik Jawa yang motifnya merata tetapi kurang diminati. Setelah terus mencoba, akhirnya mereka menggunakan motif-motif seperti saat ini, yang ternyata memperoleh sambutan menggembirakan.

Head of Community Development (CD) PT RAPP Marzum menjelaskan, pihaknya juga memiliki 172 program pemberdayaan inline (berkaitan langsung dengan operasional perusahaan). Misalnya, usaha penyediaan bus untuk mengangkut karyawan perusahaan, penyedia tenaga kerja, dan pemasok arang sekam untuk media tanam bibit akasia. Untuk merealisasikan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat, RAPP menyediakan anggaran Rp 15 milyar per tahun. Perusahaan juga memberikan jaminan kepada bank agar mengucurkan pinjaman kepada mitra bina. ''Kami akan menyeleksi calon mitra bina,'' kata Marzum.

RAPP juga memiliki 76 program offline (yang tidak berkaitan langsung dengan bisnis perusahaan). Program ini fokus memberdayakan produk unggulan di sekitar perusahaan yaitu one village one product (satu desa satu produk). Misalnya, desa penghasil nanas, desa penghasil ikan wajang dari Sungai Kampar, desa penghasil padi, dan desa yang produk unggulannya sagu.

Melihat potensi tersebut, tahun ini produsen pulp dan kertas ini fokus mengembangkan program offline. Salah satunya menggarap hilirisasi produk dan pemasaran agar dapat menjadi produk unggulan khas Kabupaten Pelalawan, bahkan ikon Provinsi Riau. "Sekarang sedang kami pastikan, bagaimana produksi bisa berkelanjutan dan kemasannya menarik," kata dia.
ARTIKEL LAIN

Cover Majalah GATRA edisi No.24 / Tahun XXIV / 12 - 18 April 2018 (Tim Desain/Gatra)
 
RUBRIK

Apa & Siapa
Ekonomi & Bisnis
Focil
Ilmu & Teknologi
Internasional
Kesehatan
Kolom
Laporan Khusus
Laporan Utama
Multimedia
Nasional
Pariwara
Pendidikan
Perjalanan
Seni Rupa
Surat & Komentar
Teropong
Wawancara
 
Created and maintained by Gatra.com